Kenali 9 Khasiat Olahraga Pagi Buat Kesehatan Fisik

Bangun lebih pagi diyakini dapat membuat hari kita lebih berwarna dan bersemangat. Meskipun demikian tidak semua orang bisa bangun lebih awal di pagi hari. Untuk memacu diri agar terus bersemangat berolahraga, Anda bisa memasang target per minggu yang mesti dicapai. Misalnya, kalau Anda berhasil lari sejauh 1 kilometer minggu ini, tentukanlah target 2 kilometer untuk minggu berikutnya. Jika berhasil membakar 200 kalori dengan berlari di atas treadmill minggu ini, maka Anda harus berhasil membakar 350 kalori minggu depan.

Tidak hanya untuk mengecilkan perut, olah raga pagi juga sangat baik untuk memperkuat system kekebalan tubuh. Bahkan, olahraga di pagi hari akan menjadikan kondisi tubuh lebih bugar, sehingga anda akan lebih bersemangat dalam menjalankan aktivitas hingga sore hari.

Maka dari itu, bangunlah lebih pagi dan mulailah hari dengan berolahraga secara teratur sehingga kegiatan-kegiatan lain setelahnya juga tak akan terganggu. Penting untuk melakukan pemanasan, terlebih temperatur tubuh yang cenderung rendah di pagi hari. Pemanasan ini akan mempersiapkan sistem saraf, melemaskan sendi dan otot untuk menghindari cedera, serta membuat jantung bisa beradaptasi dengan peningkatan aktivitas fisik. Jika Anda tak nyaman mengenakan baju olahraga saat tidur, ada cara lain yang bisa Anda ikuti. Siapkan baju olahraga di tempat yang mudah terlihat saat bangun tidur. Dengan cara ini, Anda akan ingat rencana untuk berolahraga di pagi hari. Padahal, olahraga pagi membuat tubuh lebih bugar untuk beraktivitas seharian.

Pagi hari merupakan awal yang tepat untuk memulai segala macam aktivitas. Maka dari itu pagi hari dianggap sebagai momen paling penting pada hari itu.

Olahraga juga membantu menghindari konsumsi kalori yang tidak diperlukan dan dapat membantu menurunkan tekanan darah. Saat kita berolahraga sebelum makan, terjadi perubahan kinerja hormon insulin dan hormon pertumbuhan. Dengan berolahraga sebelum sarapan, kita akan membantu tubuh untuk menyesuaikan produksi hormon insulin.

Angkat kaki Anda sekaligus menjaga keseimbangan dengan melakukan pemanasan yang benar. Untuk gerakan ini, diperlukan hampir di semua kegiatan berolahraga baik berenang, bersepeda, berlari, maupun sepak bola. Penelitian juga menunjukkan bahwa olahraga pagi mungkin bisa mengurangi nafsu makan sepanjang hari, yang juga dapat membantu diet.

tips olahraga pagi

Selalu ada pilihan olahraga terbaik dan singkat yang bisa kamu lakukan tepat setelah bangun tidur. Bagi yang belum terbiasa bangun pagi dan ingin mencoba untuk lebih rutin bangun pagi demi rutinitas yang lebih sehat, ada sejumlah tips dan cara yang bisa dicoba. Kita bisa mencoba cara yang paling simpel dan praktis lebih dulu, seperti cara-cara berikut ini. Banyak kegiatan yang bisa Anda lakukan sebelum berolahraga, semua bervariasi sesuai dengan kebutuhan olahraga yang diperlukan. Biasanya saat berlari maka bagian paha dan pinggang akan diperhatikan, berbeda juga untuk keperluan renang maupun bersepeda.

Dengan melakukan target, maka olahraga untuk kesehatan Anda tidak akan sia-sia. Banyak orang yang malas berolahraga, meskipun sudah tahu bahwa olahraga baik untuk kesehatan fisik dan mental. Hal ini karena olahraga seringkali dianggap sebagai aktivitas yang sulit dan melelahkan. Awalnya sudah semangat untuk berolahraga, tapi begitu tiba hari pelaksanaannya, rasanya malas sekali untuk melakukannya. Kalau kamu termasuk orang yang agak susah bangun pagi, mengatur alarm sebelum tidur mungkin bisa membantu kamu untuk bangun pagi.

Jadi sebelum tidur, pastikanlah alarm kamu aktif dan sudah di atur sesuai dengan waktu bangun pagi yang kamu inginkan. Tambahkan juga beberapa catatan dalam alarm ponsel kamu dengan sedikit kata motivasi agar lebih semangat ketika bangun pagi. Mengetahui kondisi fisik anda sebelum berolahraga sangatlah penting. Sebab kondisi fisik anda sangat berperan dalam menentukan jenis olahraga yang akan dilakukan. Jika anda tidur terlalu larut atau baru sembuh dari sakit, sebaiknya pilih jenis olahraga ringan seperti jogging ringan atau bersepeda santai. Kedua jenis olahraga ini juga sangat ampuh untuk mengecilkan perut.

Setelah berolahraga dan makan, hormon insulin akan bekerja lebih sensitif. Insulin juga membantu menyerap nutrisi dari makanan lebih baik dan menyalurkannya ke otot dan liver. Untuk meningkatkan kesuksesan berolahraga rutin, aturlah waktu olahraga bersama teman yang mungkin akan marah jika kamu tidak hadir dalam kelas zumba di pagi hari. Mulai sekarang, tak perlu ada alasan lagi, karena terdapat 10 olahraga yang sangat sederhana di pagi hari. Cukup lakukan selama menit, dan kamu bisa mendapatkan badan ideal idamanmu.