Cara Membuat Cilung Yang Enak

source gambar : yummy.co.id

Cilung adalah cemilan dari Jawa Barat yang juga terbuat dari aci layaknya cimol. Cilung ini memang terbuat dari aci layaknya cimol namun punya tampilan berbeda. Jika cimol bulat, cilung ini panjang dan menggunakan tusukan sate. Cilung yang punya artian aci digulung ini memang punya sajian yang lebih unik.

Cara membuatnya sebenarnya mudah sekali layaknya cimol. Jadi anda bisa jadikan cemilan untuk orang di rumah atau juga acara besar lainnya. Beberapa resep cilung ini juga sangat direkomendasikan.

  • Cilung Pedas

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat cilung pedas ini adalah tepung sagu 2 gelas ukuran sedang, 2 gelas air biasa ukuran sedang, garam secukupnya, telur 1 butir, bubuk cabe mereka apa saja sesuai selera anda, minyak goreng danb tusukkan sate.

Cara membuat cilung pedas ini adalah dengan menyiapkan mangkuk besar dan masukkan tepung sagunya. Jika sudah tambahkan garam dan aduk rata. Jika sudah ditambajkan air biasa dan aduk secara rata. Di mangkuk lainnya anda siapkan telur dipecahkan dan diaduk rata.

Setelah itu anda ambil Teflon dan olesin dengan minyak goreng. Anda tuangkan 1 sendok makan telur dan setelah itu tuangkan adonan cilung 1 sendok spatula sayuran, tambahkan bubuk cabe dan Masako ayamnya. Ambil adonannya dengan tusukkan sate dan kemudian gulung di tusukkan satenya.

  • Cilung Isi Abon

Bahan- bahan yang dibutuhkan untuk membuat cilung isis abon ini adalah tepung terigu 5 sendok makan, tepung sagu 9 sendok makan, air 2 gelas ukuran sedang. Siapkan bumbunya yaitu cabe rawit 3 buah, bawang putih 1 siung, garam, royco.

Siapkan sekarang bahan pelapisnya yaitu tepung roti 4 sendok makan, garam. Siapkan abon sapi dan juga minyak beserta tusukan satenya.

Anda siapkan wajan dan sangrai tepung rotinya. Jika sudah anda ambil garam dan taburkan sedikit. Sekarang siapkan adonan cilungnya yaitu haluskan semua bumbu dan campur dengan tepung sagunya. Aduk rata dan beri air, tambahkan garam secukupnya dan setelah itu sisihkan.

Anda panaskan teflonnya dan setelah itu anda tuang adonan sesuai bentuk Teflon dan masukkan abon. Ambil dengan tusukkan sate dengan digulung. Setelah itu taruh di tepung roti sambil dibalurkan. Jika sudah, cilung sudah jadi.

  • Cilung Mozarella

Sajian cilung selanjutnya ini adalah cilung special dengan isian mozzarella. Bahan-bahan yang dibutuhkan adalah tepung sagu 8 sendok makan, air secukupnya, garam, bubuk bawang putih secukupnya, keju mozzarella dan tusukkan sate.

Cara memasaknya adalah dengan membuat adonan cilung terlebih dahulu dengan mencampurkan garam, tepung sagu dan air. anda buat agak encer tetapi jangan encer sekali. Setelah itu anda siapkan keju mozzarella dipotong kecil-kecil.

Anda siapkan Teflon, dan tuang adonannya sesendok makan, tambahkan keju mozzarella di atasnya. Ambil dengan tusukkan sate dan gulungkan hingga semua tergulung dengan keju mozarellanya juga.

  • Cilung Manis

Sajian cilung manis juga bisa dibuat untuk anak anda. Siapkan bahan adonan cilungnya yaitu tepung sagu 9 sendok makan, tepung terigu 3 sendok makan, garam, cokelat Batangan sesuai selera dan air.

Cokelat diiris kecil dan setelah itu sisihkan. Campur tepung terigu, tepung sagu dan air. cetak di Teflon dan tambahkan cokelat di atasnya. Ambil dengan tusukkan sate cilung manis cokelatnya. Anda bisa ganti cokelat dengan gula pasir saja.